Wednesday, September 26, 2007

SabukKeselamatanUntukanak


Jangan abaikan penggunaan sabuk keamanan untuk anak. Selain orang dewasa, keselamatan penumpang anak-anak pun perlu diperhatikan. Salah menggunakan sabuk keamanan saja bisa berakibat sangat fatal. Ukuran tubuh mereka yang tentu saja berbeda dengan tubuh orang dewasa menuntut adanya penyesuaian. Untuk itu, berikut ini disajikan tips-tips pemilihan dan pemasangan sabuk keamanan yang tepat. Niscaya, dengan mengikuti tips-tips berikut ini, kejadian seperti benturan keras atau pengereman mendadak tidak akan memberikan akibat yang signifikan bagi fisik anak Anda.
• Jika anak Anda berumur sekitar 1 tahun dan memiliki berat antara 10 hingga 11 kg, gunakanlah kursi tambahan kursi bersistim LATCH (The Lower Anchors and Tethers for Children). Kursi ini memiliki ruang duduk khusus, serta memiliki ukuran yang sesuai dengan anak Anda. Pasangakanlah pada kursi depan dan hadapkanlah berlawanan dengan posisi duduk orang dewasa. Dudukan anak Anda dan pasangkan sabuk bagian depan (mirip seperti tali bahu pada ransel) pada bahunya. Ikat erat namun jangan terlalu kencang. Jangan lupa untuk mengikat kursi tambahan tersebut seerat mungkin.
• Jangan pasang kursi tambahan di bangku depan, jika dashboard penumpang depan dilengkapi siseim airbag. Hal ini perlu diperhatikan agar anak Anda tidak terdorong dan membentur bantalan punggung pada kursi saat sistim airbag itu bekerja.
• Jika anak Anda berumur di atas 1 tahun dan memiliki berat antara 10 hingga 20 kg, usahakan untuk juga menggunakan kursi tambahan. Dudukkan ia pada bangku belakang (bangku barisan tengah atau paling belakang). Atur posisi duduk menghadap ke depan (seperti layaknya penumpang dewasa). Pasangkan sabuk pengaman (mirip tali bahu ransel) dengan tepat; erat namun tidak terlalu kencang.
• Jika anak Anda memiliki berat antara 20 hingga 40 kg, usahakan untuk juga menggunakan kursi tambahan (yang sesuai dengan beratnya itu-biasanya hanya berupa dudukan bawah). Dudukkan pada bangku belakang (bangku barisan tengah atau paling belakang). Atur posisi duduk menghadap ke depan (seperti layaknya penumpang dewasa). Pasangkan sabuk pengaman (sabuk pengaman biasa) dengan tepat, dan sesuaikan dengan ukurannya. Atur posisi tinggi-rendahnya dan usahakan sabuk keamanan bagian depan terletak di posisi dada, jangan sampai terlalu dekat ke dada atas-leher agar tidak tercekik.

• Untuk anak berumur 12 tahun, pastikan ia tidak duduk di bangku depan.
• Anak Anda baru diperbolehkan duduk tanpa kursi tambahan jika ia sudah bisa duduk dengan punggung menyentuh bantalan kursi, siku kaki sesuai dengan sudut pinggiran jok, dan kaki menyentuh lantai mobil.
Selain tips di atas, alangkah lebih baik jika Anda juga membaca buku manual mengenai pengaturan sabuk keamanan pada mobil Anda. Anda pun perlu memahami betul penggunaan kursi tambahan, dan menempatkannya di posisi yang tepat. Baiklah, selamat mencoba. (dim)

0 komentar: