Wednesday, September 26, 2007

MerawatPintuMobilKesayangan


Tidak hanya dapur pacu atau komponen mesin yang perlu dirawat, tapi bagian-bagian pintu mobil juga perlu mendapat perlakuan khusus. Kadang keberadaan pintu mobil sering luput dari perhatian kita, padahal jika terjadi kerusakan pada bagian ini bisa mengurangi kenyamanan berkendara. Biasanya penyakit yang sering terjadi pada pintu kendaraan adalah komponen rel kaca. Biasanya komponen ini rusak atau sudah getas akibat kemasukan air dari celah karet pintu, sehingga sistem mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Efek selanjutnya saat naik turunnya kaca akan terasa berat dan harus dibantu dengan tangan. Demikian juga dengan keberadaan handel pintu maupun ensel. Jika pelumas untuk mekanisme pembuka pintu mengering, pintu akan sulit dibuka.
Jika Anda menemukan persoalan pada pintu mobil Anda seperti di atas, ada baiknya rawatlah pintu kendaraan Anda, paling tidak enam bulan sekali. Adapun yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
- Hal yang paling pertama-tama sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti berbagai jenis obeng, kuas, solar, gemuk dan pelumas berupa semprotan.
- Buka trim pintu dengan posisi kaca turun kemudian buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng . Untuk mobil dengan sistem power window copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca, bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap.
- Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
- Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.
- Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang, dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.
-Perhatikan juga handle pintu, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan atau tidak. Jika ya, lumasi dengan pelumas semprotan. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan memainkan bukaan pintu luar dan dalam.
- Periksa juga tangkai besi pengait kunci pintu, terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas.
- Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu. Untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali. Perhatikan setiap sekrup sudah terpasang pada setiap bagiannya yang ada di trim pintu. (yac)

0 komentar: