Friday, September 28, 2007

TipBerkendaraSebelumMudik

Sebentar lagi lebaran tiba. Inilah saat mudik yang kita nanti-nanti. Persiapkan segala kebutuhan yang terkait dengan perjalanan Anda.

Berikut daftar pengecekan untuk memastikan perjalanan mudik Anda aman dan nyaman:

Mesin
Tune-up lah mesin sebelum Anda menempuh perjalanan. Ganti bila ada komponen-komponen yang sudah tampak aus.
Aki

Bersihkan terminal-terminal aki, cek kekencangan baut-bautnya, dan periksa juga air aki.

  • Untuk membersihkan terminal dari kerak karbon bisa dilakukan dengan menyiramkan air panas pada terminal-terminal aki.
  • Kencangkan baut-baut di terminal bila kendor.
  • Untuk memeriksa air aki bisa dengan melihat permukaan air aki. Sebaiknya berada di posisi antara LOW dan UPPER level. Note: Jangan salah mengisi air aki dengan bahan yang lain.
Oli
Oli-oli jumlahnya harus sesuai dan kualitasnya masih bagus. Oli yang harus diperiksa adalah: oli mesin, gardan, persneling. Sebaiknya stick oli menunjukkan permukaan oli di posisi F. Perhatikan grade dan viskositas yang sesuai dengan anjuran produsen mobil Anda.
Kopling

Kopling harus bekerja dengan baik. Periksalah ketebalan plat kopling. Caranya:

  • Masukkan perseneling ke posisi gigi dua atau tiga.
  • Lalu, injak pedal kopling dan hidupkan mesin.
  • Kemudian, lepas pedal kopling perlahan-lahan. (Pada saat bersamaan, injak pedal gas dan pedal rem. Pastikan mesin mati saat pedal gas dan rem diinjak. Apabila mesin tetap hidup, berarti terjadi slip di plat kopling. Plat seperti ini harus diganti.)

Cek juga kebocoran minyak kopling. Ini bisa dilakukan dengan melihat secara langsung. Lihat ada tidaknya rembesan minyak kopling pada master dan release silinder kopling. Periksa kuantitas dan kualitasnya. (Sama dengan pengecekan oli.)

Rem

Periksa rem dari kemungkinan bocor, kanvas tipis, serta keausan piringan dan tromol rem. Jangan lupa cek minyak rem dan setel rem.

  • Untuk memeriksa semua itu, seluruh roda harus dibongkar. Kebocoran diketahui bila ada rembesan di silinder roda pada masing-masing roda. Sedangkan tebal-tipisnya kampas bisa dilihat secara langsung. Sebaiknya kampas minimal lebih besar dari 3 mm.
  • Kondisi minyak rem harus bersih (bening, tidak keruh). Lihatlah jumlah minyak rem pada tangki cadangan yang ada di master silinder.
  • Untuk menyetel rem, lakukan penyetelan pada adjuster yang berada di masing-masing roda (pada model tromol). Penyetelan diperlukan untuk mengatur celah antara tromol dan kampas rem. Celah idealnya sebesar 0,6 mm.
Ban
Tekanan ban harus pas dan kembangnya jangan gundul. Gunakan alat ukur tekanan ban. Untuk kenyamanan lakukan spooring dan balancing.
Kemudi
Tierod, balljoint, dan arm-arm kemudi harus presisi. (Kemudi dinyatakan tidak presisi bila ada selisih gerak antara putaran kemudi dengan berbeloknya ban.) Kalau terjadi selisih, komponen diatas harus diganti.
Listrik
Bohlan bisa menyala dan klakson berbunyi normal.
Spion
Spion lengkap (kiri, kanan, inner mirror) dan kokoh pada tempatnya.
Wiper
Wiper harus bisa membersihkan kaca. Periksa juga kuantitas air washer.
Cadangan

Siapkan komponen cadangan yang berisiko tinggi bermasalah di perjalanan: ban, bohlam, sekring, tali kipas, minyak rem, dan oli. Jangan lupa lengkapi mobil dengan toolset standar.

Guidance

Lengkapi mobil dengan peta, buku manual, info tips kondisi darurat, nomor-nomor telpon penting, dan nomor kontak bila mengalami kondisi darurat. Untuk mendapatkan layanan Emergency Roadside Assistance, bisa menghubungi 021-653 10000.

Kontak AstraWorld
Untuk mendapatkan layanan Emergency Roadside Assistance (ERA), Anda bisa mengubungi Call Center AstraWorld terdekat:
  • Jakarta 021-653 10000
  • Bandung 022-20 10000
  • Semarang 024-673 1000
  • Surabaya 031-828 1000
  • Medan 061-732 1000
  • Denpasar 0361-41 1000

Sumber.Om HS AFM surabaya

0 komentar: