Wednesday, September 26, 2007

TipsHematBBM

Menerapkan gaya hidup hemat memang perlu. Salah satunya penghematan konsumsi BBM. Apapun jenis kendaraan Anda, baik itu SUV yang memiliki kapasitas 2.000 cc atau lebih, atau jenis city car yang berkapasitas 1.000 cc.

Berikut ini ada beberapa kiat sederhana untuk menekan borosnya konsumsi BBM pada kendaraan Anda.

1. Teknik mengendarai merupakan hal yang paling berpengaruh pada konsumsi BBM. Saat mengendarai perlakukanlah kendaraan dengan efektif dan halus. Hindarkan menginjak pedas gas maupun rem secara mendadak. Kunci untuk pengendalian hemat adalah menjalankan kendaraan Anda dengan kecepatan yang konstan sesuai dengan kondisi jalan. Cara seperti ini bisa menekan komsumsi BBM, dibanding dengan cara mengemudi yang agresif.

2. Lakukan perawatan secara teratur sesuai dengan jangka waktu atau jarak tempuh kendaraan sesuai dengan rekomendasi pabrik. Servis berkala memastikan mesin kendaraan Anda berkerja dengan perbandingan udara dan konsumsi BBM yang tepat sehingga bisa mencegah pemborosan. Bersihkan filter udara atau ganti jika sudah lama pakai, agar mesin bisa bernapas lega, atau ganti seluruh pelumas agar gesekan antar komponen yang ada bisa ditekan secara maksimal.

3. Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin yang telah ditentukan oleh pabrik. Jangan terpancing dengan harga perliternya lebih murah, padahal pabrikan menganjurkan mengunakan bahan bakar yang kualitasnya baik. Dengan mengggunakan bahan bakar di bawah standar, maka bisa lebih boros.

4. Hal yang penting juga perlu mendapat perhatian agar bisa menekan BBM adalah ukuran tekanan angin pada ban. Pastikan tekanan angin selalu sesuai dengan dengan rekomendasi pabrik. Ban yang kempis memungkikan memperbesar dan menghambat laju kendaraan sehingga mesin pun membutuhkan BBM yang lebih banyak lagi.

5. Kapasitas daya angkut yang melebihi batas juga mengakibatkan borosnya BBM, karena semakin ringan bobot kendaraan semakin ringan pula mesin berkerja. Sebaiknya hindarkan barang bawaan yang tanpa sadar tidak diperlukan misalnya seperti dongkrak buaya atau pemakaian aksesori yang memiliki bobot besar.

6. Pilih rute perjalan yang sekiranya paling pendek untuk sampai ke tujuan dan hindarkan rute yang rawan dari kemacetan. Hal ini selain bisa menghemat BBM juga dapat menghemat waktu. Ada baiknya juga berkendaraan diwaktu lenggang sehingga terhindar dari kepadatan lalu lintas. Sehingga walaupun Anda ingin menempuh perjalanan jauh tidak perlu mengeluarkan kocek lebih untuk mengisi BMM pada kendaraan Anda.(yac/ry)

0 komentar: