Wednesday, September 26, 2007

BerburuSparePartMobilLawas

Memiliki kendaraan lawas baik mobil maupun motor tentu butuh perawatan dan perhatian ekstra. Bagi mereka yang hobi, kadang tidak memikirkan biaya yang dikeluarkan untuk merawatanya, yang penting kepuasan bathin dan kebanggan. Selain bentuknya yang unik, nilai sejarah yang disandangnya menjadikan kendaraan lawas memiliki sensasi tersendiri.

Namun untuk memelihara agar kondisi mesin tetap prima dan mempertahankan kondisi klasik bukanlah perkara mudah. Hal itu mengingat sukucadangnya yang langka, alias tidak diproduksi lagi. Seandainya ada pun, sudah pasti harganya melambung. Untuk itu perlu kiat-kiat khusus dalam memburu sukucadang kendaran lawas. Berikut ini beberapa cara untuk mempermudah perburuan onderdil kendaraan lawas:

1. Sebagai langkah pertama, begitu merasakan adanya kelainan pada kendaraan, janganlah berspekulasi menebak bagian atau komponen mana yang rusak atau harus diganti. Sebaiknya bawalah kendaraan itu kepada orang yang ahli kemudian utarakan keganjalan yang dirasakan. Hal ini supaya Anda bisa mengetahui bagian mana yang rusak atau komponen mana yang harus diganti.

2. Bergabung dengan klub penggemar kendaraan sejenis. Di sana Anda bisa mendapat segala informasi tentang seputar kendaraan kesayangan Anda. Misalnya, Anda ingin mencari sukucadang, mulai dari di mana tempat yang menjualnya hingga harga bisa Anda dapatkan dengan mengikuti sebuah klub/komunitas. Jika barang yang Anda cari tidak ada atau susah ditemukan, tanyakan apakah barang yang Anda cari bisa diganti dengan barang lain atau dikenal dengan istilah komponen kanibal.

3. Tidak ada salahnya jika mengaplikasikan sukucadang kanibal. Jika hal itu memang ditemukan di pasaran. Asalkan pas betul dengan pemasangan aslinya dan dapat berfungsi dengan baik. Apalagi kalau sukucadang yang diinginkan memang barang yang sulit dicari. Langkah ini tentunya bisa menghemat isi kantong.

4. Untuk memburu sukucadang yang sulit didapat memang memerlukan waktu dan tenaga. Karena untuk itu perlu kesabaran, sebab itu merupakan konsekuensi memiliki kendaraan lawas. Selain informasi yang didapat dari sesama anggota klub atau teman. Perburuan bisa dilakukan dengan membuka literatur, atau dengan cara mengakses internet. Hal ini berguna sebagai perbandingan harga. Jika sudah menemukan, pastikan dulu barang yang dicari bisa diaplikasikan dan dapat berkerja dengan baik. Jangan sampai sukucadang yang baru malah merusak kondisi mesin yang lainnya.

5. Jika semuanya telah teratasi, jangan lupakan cara pemakaiannya. Cara pemakaian kendaraan yang baik dan benar minimal mengurangi kerusakan komponen, sehingga Anda tidak selalu mengganti sukucadang. Tak lupa, jangan cuma bisa memakainya saja, tapi perhatikan pula perawatannya agar kondisi mesinnya tetap awet. Jika hendak melakukan modifikasi, hendaknya jangan berlebihan agar tidak merusak mesin/komponen lain, keindahan dan keunikan yang klasik dari kendaraan itu. (yac/ry)

0 komentar: